Jumat, 05 Maret 2010

tugas 1 buat perbaikan bpk narendro

‘Pengaruh Internet bagi Gaya Hidup Manusia di Kota Besar’

I. Pendahuluan

Dewasa ini dunia semakin maju, termasuk dalam dunia informasi dan teknologi.jika kita berbicara tentang teknologi tidak lepas dari kaitannya dengan internet (international networking) dalam masa modern ini kita banyak sekali menggunakan Internet dalam banyak bidang contohnya dalam bidang pendidikan,bisnis,kesehatan,berita dan informasi, keamanan,ekonomi,komunikasi, dan lainnya. Dengan internet memudahkan kita untuk berhubungan satu sama lain, tidak perlu saling berdekatan, ataupun bertatap muka langsung. Banyak keuntungan yang kita peroleh dari internet mulai dari segi materi ataupun waktu. Kita bisa saling berhubungan dengan orang yang jauh dari kita tanpa mengenal waktu dan tempat. Asal terhubung satu sama lain dengan internet. Kita bisa berbisnis tanpa harus bertatap muka langsung ataupun repot- repot keluar negeri atau kota karena harus mendiskusikan masalah bisnis. Dibidang pendidikan, banyak sekali keuntungannya mulai dari materi yang bisa kita dapatkan dari internet, pengumpulan dan pemberian tugas via e-mail, dalam bidang komunikasi kita dapat menggunakan internet untuk menstransfer berita dengan cepat, sehingga dalam hitungan menit kita dapat memperoleh data tentang berita yang paling terbaru. Dan masih banyak lagi keuntungan internet yang dapat kita peroleh.

Tetapi dengan semakin pesatnya dan majunya teknologi tersebut (dalam hal ini kita membahas tentang internet) menimbulkan dampak yang beragam khususnya bagi masyarakat perkotaan. Salah satu contohnya adalah gaya hidup, gaya hidup adalah adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Gaya hidup merupakan frame of reference yang dipakai sesorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu. gaya hidup manusia yang dipengaruhi oleh penggunaan internet sangatlah berdampak besar. Rata-rata dari dampak tersebut adalah negatis, seseorang yang sering menggunakan internet kususnya secara berlebihan akan menyebabkan kecanduan dalam hal ini maksudnya adalah manusia tersebut akan merasa sangat tergantung dan tidak dapat lepas dari internet dimanapun dan kapanpun berada. Dampak lainya yang ditimbulkan adalah hubungan sosial yang kurang dan kaku dengan lingkungan sekitarnya, seseorang yang sering berjam-jam menggunakan internet akan menghabiskan waktunya dengan tidak berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan lingkungannya dikarenakan waktunya terlalu banyak untuk menggunakan internet tersebut. Oleh sebab itu dari fenomena diatas sangatlah menarik untuk kita teliti tentang pengaruh internet bagi gaya hidup manusia khususnya dikota- kota besar yang notabennya banyak sekali menggunakan jasa internet.

II. Landasan Teori

a. Pengertian Internet

Internet Merupakan sebuah rangkaian yang terbesar menghubungkan berjuta-juta komputer di seluruh dunia. Ianya merupakan sebuah rangkaian yang luas. (WAN).Mengunakan protokol TCP/IP untuk penghantaran data dan maklumat. Mengunakan talian komunikasi seperti kabel sepaksi dan fiber optik. Boleh mendapat maklumat,mencapai maklumat,berkomunikasi,berniaga belajar dan membeli belah dalam internet. Menyediakan perkhidmatan komunikasi data seperti pemindahan fail,e-mail elektronik dan kumpulan berita. Dapat mengekseskan pengguna kepada pengguna yang lain mengakses, dan maklumat daripada laman-laman web yang terkandung di dalamnya.

Pengertian lainya adalah: berasal dari kata International Networking, merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar.

b. Perangkat Lunak Internet

Perangkat Lunak yang utama tentunya adalah browser. dengan browser-lah sebagian besar aktifitas di internet dilakukan. Pilihan untuk browser adalah:

* Internet Explorer ( Windows )
* Mozilla Firefox ( Windows dan Linux )
* Opera (Windows dan Linux )
* Google Chrome ( saat ini baru tersedia versi Windows)
* Apple Safari ( Windows )

Dari berbagi pilihan browser di atas, yang paling populer saat ini di warnet adalah: Mozilla Firefox. Penulis juga menyarankan agar warnet menggunakan Browser ini dan menjadikan browser lain sebagai cadangan. Internet Explorer tidak di sarankan, banyaknya masalah keamanan yang ditimbulkan oleh Internet Explorer membuat banyak warnet lebih memilih browser lain.

Perangkat Lunak berikutnya dalam kategori Internet adalah perangkat lunak Messaging, kegunaan perangkat lunak ini adalah untuk saling bertukar pesan pendek. Layanan yang populer adalah: Yahoo Mesengger (Yahoo IM), MSN, Gtalk. Baik Yahoo IM, MSN maupun Gtalk memiliki perangkat lunaknya masing-masing dan dapat di install ke komputer pengguna. Kita juga dapat memanfaatkan perangkat lunak messaging yang dapat terkoneksi ke beberapa layanan sekaligus seperti Pidgin. Selain diakses melalui perangkat lunak tersendiri, layanan Yahoo IM, MSN dan Gtalk juga dapat di akses melalui web seperti Meebo.

Sistem Operasi.

Pilihan untuk sistem operasi adalah:

* Berbasis Windows
* Berbasis Linux

Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Windows adalah sistem operasi yang populer dan dikenal oleh banyak orang namun harga dan model lisensinya termasuk mahal dan merepotkan. Belum terhitung kerepotan yang ditimbulkan oleh gangguan Virus dan Malware. Sementara sistem Operasi Linux, walaupun terkenal sebagai sistem operasi yang tangguh, aman dari virus, lisensi yang memberikan kebebasan bagi penggunanya, namun tidak semua pengguna familiar dengan penggunannnya sehingga membutuhkan perhatian dan layanan lebih ke pengguna.

* Komputer

Komputer merupakan komponen utama untuk dapat mengkases internet. Spesifikasi komputer yang digunakan dalam koneksi internet sangat menentukan cepat atau lambatnya kinerja akses internet. semakin tinggi spesifikasi sebuah komputer, semakin cepat kinerja akses internet, begitu pula sebaliknya.
Spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet antara lain sebagi berikut:

*
o Processor
merupakan otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi-aplikasi dalam komputer. Processor minimal pentium III 500Mhz.
o RAM (Random Access Memory)

berfungsi sebagai media penyimpanan sementara. RAM minimal 64MB.

*
o Harddisk
digunakan untuk media penyimpanan data secara magnetik. Harddisk minimal 10GB
o VGA card

merupakan perangkat keras untuk menampilakan gambar pada layar monitor. VGA card minimal 4MB

*
o Monitor
merupakan perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.

* Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima. sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem
merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi duaarah.Secara singkatnya, modem merupakan alat untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem. Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjai tiga jenis. Antara lain:


Modem Dial Up

Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telpon. Jenis modem dial up ada 2 macam, yaitu:

1) Modem Internet

Merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada
slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps. Adapun keuntungan menggunakan modem internal sebagi berikut.
a) Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
b) Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.

Sedangkan kelemahan modem internal sebagai berikut:
a) Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem
b) Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga
membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.

2) Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
a) Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
b) Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal.
a) harga lebih mahal dari pada modem internal
b) membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.

* Modem Kabel

Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dialup atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).

* Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line)

ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utama teknologi ADSL adalh untuk memecah sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melakuakn atau meneima panggilan telpon dan melakukan koneksi internet secara simultan tanpa saling menggangu.

3. Line telepon

Saluran telpon juga merupakan perangkat keras yang penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet.
Penggunaan sauran telpon ini juga diikuti dengan penggunan modemdial up. Selain saluran telpon, untuk melakukan akses internet juga bisa dilakukan dengan menggunakan TV kabel. Untuk bisa mengakses internet menggunakan jaringan TV kabel maka modem yang dipakai adalah modem kabel.

PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET

Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain:

1. Hub/Switch

Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.

2. Repeater
Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya.

3. Brige
Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain.

Gaya Hidup

Gaya hidup adalah perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri untuk merefleksikan status sosialnya. Gaya hidup merupakan frame of reference yang dipakai sesorang dalam bertingkah laku dan konsekuensinya akan membentuk pola perilaku tertentu.

Terutama bagaimana dia ingin dipersepsikan oleh orang lain, sehingga gaya hidup sangat berkaitan dengan bagaimana ia membentuk image di mata orang lain, berkaitan dengan status sosial yang disandangnya. Untuk merefleksikan image inilah, dibutuhkan simbol-simbol status tertentu, yang sangat berperan dalam mempengaruhi perilaku konsumsinya.

Fenomena ini pokok pangkalnya adalah stratifikasi sosial, sebuah struktur sosial yang terdiri lapisan-lapisan :

* dari lapisan teratas sampai lapisan terbawah.
* Dalam struktur masyarakat modern,
* status sosial haruslah diperjuangkan (achieved)
* dan bukannya karena diberi atau berdasarkan garis keturunan (ascribed).

Selayaknya status sosial merupakan penghargaan masyarakat atas prestasi yang dicapai oleh seseorang. Jika seseorang telah mencapai suatu prestasi tertentu, ia layak di tempatkan pada lapisan tertentu dalam masyarakatnya. Semua orang diharapkan mempunyai kesempatan yang sama untuk meraih prestasi, dan melahirkan kompetisi untuk meraihnya.

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa internet memiliki pengaruh terhadap masyarakat perkotaan terlebih pada masyarakat yang banyak menggunakan failitas internet seperti mahasiswa, pekerja dan pedagang online,dan lain-lain oleh sebab itu hal tersebutpun akan membawa pengaruh terhadap gaya hidup orang tersebut.

Sumber:

http://digg.com/general_sciences/Apakah_Pengertian_Internet

http://irwinday.web.id/panduan-bisnis-warnet/bab-5-perangkat-lunak-warnet/

http://lifestyle-awan.blogspot.com/2009/03/pengertian-gaya-hidup.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar